Di bumi nusantara ini ada puluhan atua bahkan ratusan ilmu pelet atau ilmu pengasihan yang tersebar. Di antara  ilmu pelet yang paling banyak dikenal atau bahkan banyak diijazahkan adalah ilmu pelet semar.

Kendati begitu, Semar mesem hanyalah salah satu di antara jenis ilmu pelet semar lainnya. Tulisan Saya kali ini mengulas ragam ilmu pelet semar. Bisa jadi salah satunya sudah begitu Anda kenal. Namun sebagian yang lain bisa jadi asing bagi Anda.

Berikut 5 ragam ilmu pelet semar yang tersebar di nusantara.

 

  1. Ilmu Pelet Semar Mesem

Di antara jenis Pelet Semar yang lain, pelet semar mesem adalah keluarga pelet semar yang paling banyak diijazahkan kepada masyarakat awam. Meskipun banyak diijazahkan dan diamalkan, tidak banyak orang yang benar-benar menguasai ilmu pelet ini.

Dalam bahasa Jawa, Kata “Mesem” pada penamaan ilmu pelet semar mesem, berarti “senyum”. Oleh spiritualis zaman dahulu, kata “mesem” disematkan pada nama ajian ini sebab orang yang menguasai ilmu pelet ini memiliki senyum yang sangat istimewa.

Hanya dengan tersenyum kepada target yang dituju, serta dengan niat yang kuat. Si target akan luluh hatinya.

Seperti yang pernah Saya bahas pada tulisan lainnya. Untuk mendapatkan khasiat ilmu pelet semar mesem, harus ditebus dengan melakukan lelaku dan tirakat yang cukup berat. Yaitu dengan puasa mutih selama 44 hari.

Berikut cuplikan mantra pelet semar mesem:

Bismillahir rahmanir rahiim
Semar mesem
Mesem-mesem kurungan sukmo
Sun gedondong redong-redong
Kuwe arep luru opo nduk? …
Arep luru semar mesem?
Ora ono semar mesem
Yo aku iki semar mesem

………………

 

Baca juga:  Amalan Ilmu Pelet Semar Mesem, Ilmu Pelet Penakluk Lawan Jenis

 

 

  1. Ilmu Pelet Semar Putih

Ajian Pelet Semar Putih banyak diajarkan dan dimanfaatkan para spiritualis yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Terutama di kawasan Brebes, Cirebon, dan sekitarnya.

Ilmu Pelet Semar putih satu sama lain memiliki perbedaan dalam mantra dan tirakatnya. Namun begitu, khasiat yang dihasilkan ilmu pelet semar putih ini sama.

Yaitu membuat orang yang memiliki ilmu pelet semar putih ini tampak lebih gagah, tampan, dan berwibawa khususnya di hadapan si target yang dikehendaki.

Ada pula yang memanfaatkan ilmu ini untuk mengunci hati pasangannya agar pikiran tidak muncul tindakan serong atau selingkuh.

Karena kelahiran ilmu ini masih terkait dengan tanah Pasundan, dalam mantra ilmu pelet ini pun menyebut Embah Kuwu Cakra Buana (pada masa mudanya disebut Raden Walang Sungsang) sebagai sosok legendaris dari tanah Sunda.

Begitu istimewanya sosok Embah Kuwu Cakra Buana, sehingga namanya pun diabadikan di dalam mantra Semar Putih.

Berikut cuplikan mantra Ilmu Pelet Semar Putih:

………………

Niat Ingsung Amatek Ajiku ing aji Semar Putih

Ingsun Arep Muter Giling

Ora Muter Giling Jagad

Sing Tak Puter Jantung atine, pikirane si …. (sebut nama target)

…………………………..

Niat Ingsung Nyamat kramate

Embah Kuwu Cakra Buana

Cirebon Girang

Walisanga Gunung Jati

 

 

  1. Ilmu Pelet Semar Kuning

Ragam ilmu pelet yang ketiga adalah Pelet Semar Kuning. Ilmu Pelet ini bisa dikatakan semakin lama semakin asing, terutama bagi orang yang baru terjun ke dunia lelaku spiritual.

Bahkan bisa jadi di kemudian hari hanya sedikit sekali orang yang benar-benar menguasai ilmu pelet semar kuning.

Hal ini dikarenakan lelaku ilmu pelet ini yang cukup berat. Jika ilmu pelet semar umumnya puasa mutih 44 hari, maka pada ilmu pelet semar mesem ini tirakatnya dengan melakukan puasa patigeni dan ngrowot (hanya memakan umbi-umbian) selama 55 hari. Dan setelah itu selama 11 hari berturut-turut setiap tengah malam melakukan tapa kungkum (semedi dengan merendam badan di aliran sungai)

Orang yang menguasai ilmu pelet Semar Kuning, tidak hanya memiliki daya pengaishan yang sangat kuat. Tetapi juga memiliki lidah sabda dadi (apa yang diucapkan berkemungkinan menjadi kenyataan).

Dan orang yang memiliki ajian ini haruslah orang yang benar-benar lepas dari rasa benci dari orang lain dan makhluk hidup.

Berikut cuplikan ajian pelet semar kuning

Niat Ingsun Amatek Ajiku

Ajiku Semar Kuning

Kuning-kuning kurungan sukma

Sun gedondong redong-redong

……………………

Yo Aku Iki Semar Kunging

Teko Welas Teko Asih Pendulune………. (sebut nama target)

Marang aku …..  (sebut nama Anda)

 

 

  1. Ilmu Pelet Semar Kuncung

Ilmu Pelet Semar Kuncung biasanya digunakan bersamaan dengan pusaka keris semar. Ibarat kunci, ilmu pelet semar kuncung digunakan untuk membuka tuah dari keris semar.

Selama ini banyak yang memiliki keris semar mesem, tapi sedikit sekali yang tahu cara memanfaatkannya. Ilmu Pelet Semar Kuncung ini adalah jodoh dari keris semar. Ada banyak variasi bentuk pusaka keris semar. Semua pusaka semar tersebut hanya akan terbuka khasiatnya, jika dibarengi dengan lelaku dan tirakat ilmu pelet semar kuncung.

Berbeda dengan umumnya tirakat pelet semar yang harus dibayar dengan puasa selama 44 hari. Untuk menguasai ilmu pelet semar kuncung puasanya cukup 7 hari, di mulai pada hari weton. Dan puasanya pun puasa yang biasa, bukan puasa mutih.

Berikut cuplikan mantra Pelet Semar Kuncung

………………………….

Niat Ingsung Amatek Ajiku Sri Semar Kuncung

Kuncunge semar buka asih ing njero sukma ingsun

… (sebutkan nama Anda)…..

Sukmaku ana njero si keris kuncung

………………………

 

  1. Ilmu Pelet Semar Ireng

Sangat jarang yang tahu mengenai ilmu Pelet Semar Ireng. Seperti halnya Ilmu Pelet Semar Putih, ilmu pelet semar ireng juga berkaitan dengan Mbah Kuwu Cakra Buana. Hanya saja ilmu pelet semar ireng adalah versi yang lebih matang dari ilmu pelet Semar putih.

Ilmu ini hanya boleh dikuasai oleh kaum adam. Kaum hawa sangat terlarang menguasai ilmu pelet Semar Ireng.

Berikut cuplikan mantranya:

Niat ingsun matek ajiku semar mesem,

krecek krecek ki Semar Ireng,

aji pengasihan tan ora ana tambane

tambane hya ingsun si aji semar ireng

…………………………………